Hebaat....Polisi Ganteng Ini Temukan Teknologi SSH Untuk Helm

Kecelakaan kendaraan bermotor yang terjadi diwilayah hukum Polres Demak, Polda Jawa Tengah masih tergolong tinggi. Mayoritas korbannya adalah mereka yang menggunakan kendaraan bermotor jenis roda dua, dan korban yang mengalami luka parah adalah pemotor yang helmnya terlepas atau yang tidak mengenakan helm. Hal inilah yang membuat Sat Lantas Polres Demak berfikir kreatif untuk membuat helm yang otomatis bisa mengingatkan penggunanya agar tidak lupa untuk mengunci atau meng-klikkan helmnya.

"Sering kali kita melihat pengendara sepeda motor menggunakan helm sekedar menempel di kepala. Mereka tidak sadar bahayanya mengenakan helm tanpa mengencangkan tali pengikatnya," ungkap Kapolres Demak, Ajun Kimisaris Besar Polisi Heru Sutopo.

Cara kerja helm tersebut cukup simple, yaitu ketika helm dipakai maka sensor akan secara otomatis berbunyi, "beep, beep" gunanya untuk mengingatkan pengendara agar meng-klikan helm tersebut. Alarm tersebut hanya akan berbunyi jika tertekan kepala, jadi ketika tidak digunakan maka alarm tersebut tidak akan berbunyi. Selanjutnya, alarm tersebut hanya akan berhenti berbunyi jika pengguna helm telah mengunci tali pengikatnya. Pengguna tidak perlu takut, karena Pengaplikasian rangkaian alat tersebut tidak akan mengganggu pengguna helm karena tersembunyi di balik busa.

Untuk Penemu helm unik Smart Safety Helmet (SSH) itu adalah Kasat Lantas Polres Demak, AKP Yoppy Anggi Krisna. Dia adalah seorang Polisi lulusan Akademi Kepolisian tahun 2010 dari batalyon atau angkatan ke 43 Akpol dengan nama den Rinaksa Sakalamandala (RS).

Polisi yang satu ini memang sangat suka mengutak-atik barang elektronik. Awal mula muncul ide untuk membuat SSH yaitu ketika dirinya sedang bertugas menangani  sebuah kecelakaan. Yoppy mengaku mendapat foto lokasi kecelakaan di Demak yang korbannya adalah pemotor dengan luka dibagian kepala. Sebenarnya pengendara sudah memakai helm namun helm tersebut terlepas karena lupa menguncinya.

"Teman-teman di bagian Laka Lantas sering kirim foto banyak korban cedera di kepala. Waktu saya giat ternyata benar dan sebenarnya ada yang sudah berhelm tapi lepas. Kemudian saya berpikir bagaimana caranya agar pemotor berinisiatif mengunci helm. Kan mereka bisa risih kalau kita ingatkan terus menerus," jelas Yoppy.

Berbekal pengetahuannya dibidang elektronik, Yoppy membeli berbagai komponen yang dibutuhkannya di Kota Semarang. Ia mengutak-atik helm hingga jadilah SSH yang kemudian diujicobakannya. SSH sendiri sudah di-launching oleh Kapolres dan Bupati Demak M. Natsir pada hari Senin (06/06/2016) lalu dalam rangkaian acara memperingati HUT Bhayangkara ke-70.

"Sudah dipakai beberapa petugas, dan kemarin saat peluncuran juga sudah diberikan masyarakat sebagai hadiah," terangnya.

Saat ini Yoppy sedang berusaha untuk mengurus hak paten temuannya tersebut. Ia juga mengakui belum bisa memproduksi banyak karena belum ada sponsor. Yoppy berharap helmnya tersebut bisa diproduksi massal dan kedepannya digunakan oleh produsen motor agar hadiah helm yang biasa diberikan kepada konsumen merupakan SSH.

"Harapannya, jadi setiap orang beli helm, harus yang ada sensornya, yang saya bikin. Ini sedang patenkan di jakarta," beber Yoppy.

Untuk memodifikasi helm biasa menjadi helm SSH, biaya yang dibutuhkan cukup murah yaitu kisaran Rp 100 ribu, dan jika sudah diproduksi massal maka biaya akan bisa lebih ditekan cukup banyak. Alat yang disematkan ke bagian helm pun cukup praktis dan kecil, jadi sama sekali tidak akan menggangu pengguna helm.

"Jadi ini ketika helm diletakkan tidak dipakai maka tidak bunyi, tapi saat dipakai ada sensor menyala dan bunyi kalau tidak di-klik," Imbuhnya.

Polisi yang pernah menimba ilmu di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ini berharap, temuannya tersebut akan bisa memberikan kontribusi terhadap upaya untuk menekan cidera kepala dan leher pada sebuah kecelakaan lalu lintas.

"Ini untuk meminimalisir angka fatalitas pada kecelakaan, meminimalisir kerusakan kepala atau leher, dan mengingatkan pentingnya keselamatan," Pungkasnya.

1 comment:

  1. Salam kenal semuanya, kami dari AJOQQ-NET..
    Agen Judi Online Terpercaya 24 jam,,,
    Dengan proses Deposit / Withdraw Tercepat,,
    BONUS ROLINGAN 0,3% & REFERAL 20% (Seumur Hidup).
    Segera daftarkan diri anda di WWW-AJOQQ-NET jangan sampai terlambat ya,,,

    ReplyDelete